banner 728x250

Brida Prov.Sultra laksanakan Bencmarking di Balitbangda Prov.Sumatera Selatan : terkait Indeks Inovasi Daerah

banner 120x600
banner 468x60

Sultra – Suaramoramo.com – Tim Indeks Inovasi Daerah (IID) Badan Inovasi Daerah (Brida) Prov. Sulawesi Tenggara melaksanakan Bencmarking terkait Indeks Inovasi Daerah pada kantorĀ  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Prov. Sumatera Selatan di Palembang.

banner 325x300

Tim yang beranggotakan 15 Orang dipimpin oleh Sekretaris Brida Prov. Sultra Gunawan Laliasa dan 3 orang Kabid yaitu kabid inovasi Anwar Makati, Kabid, ekonomi Pembangunan Adi Yusuf Tamburaka dan Kabid Sosial Budaya La Tanampe, satu orang peneliti Rusdin dan 5 pejabat fungsional dan 5 staf pelaksana.

Tim IID diterima langsung oleh sekretaris Balitbangda Hj. Puspawaty berserta pejabat strukural dan fungsional  dan  jajarannya diruangan rapat kantor Balitbangda,perlu diketahui bersama bahwa Tim IID Balitbangda Prov Sumsel adalah peraih peringkat kategori “Sangat Inovatif ” dalam 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2021-2023 yang disematkan oleh kementrian dalam negeri.

Dalam pertemuan tersebut Tim IID Brida Sultra sangat antusias mendengarkan pemaparan dari Tim IID Balibtangda Prov. Sumsel yang mana prov. Sumsel memliki inovasi dalam setiap tahunnya 240 Inovasi yang dirangkum dari 48 OPD, ketua Tim PKK kabupaten /kota, Camat, tenaga kesehatan,BUMD,Koperasi,UKM/IKM,Petani,peneliti, Masyarakat umum, dosen, ASN, Guru SLTA, guru SD/SLTP, Mahasiswa, siswa SLTA dan Tayangan Favorit.

hal ini dapat terlaksana dengan baik disebabkan adanya political will gubernur sumsel melalui Peraturan gubernur, Perturan daerah, surat keputusan dan Instruksi Gubernur terkait pentingnya Inovasi yang melibatkan seluruh stakholder dalam wilayah pemerintah prov sumsel., misalnya saja lingkup pemprov sumsel setiap OPD wajib menciptakan inovasi dalam setiap bulannya dan dilaporkan oleh Tim IID dalam hal ini Balitbangda yang tentunya dalalm intruksi tersebut terdapat reward dan phunishman bagi setiap OPD.

Selanjutnya Balitbangda Sumsel juga bekerja sama dengan pihak perbankan dan perusahaan untuk membantu pelaksanaan kegiatan Inovasi dalam bentuk bantuan dana CSR dari dana tersebut dibangunkan rumah sains dan kebun raya dan saat ini telah menghasilkan PAD pemprov sumsel.,
Diakhir kegiatan branchmaking dilakukan foto bersama dan penyerahan cendera mata.

Sumber : Adi Yusuf Tamburaka (Palembang 6 Desember 2023)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *