banner 728x250

Kecelakaan Kerja Di Lokasi PT.KKU Merenggut Korban Jiwa : LSM LPMT Sultra Mengecam Keras

banner 120x600
banner 468x60

Kendari- Suaramoramo.com _ Jum’at 8/9/2023,.Kecelakaan kerja yang terjadi sekitar pukul 11.00 WITA di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) PT. Karyatama Konawe Utara, mendapat sorotan dari Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkar Pemuda Masyarakat Tolaki Sulawesi Tenggara (LSM LPMT-SULTRA).

banner 325x300

Kecelakaan kerja  tersebut telah memakan korban jiwa, insiden itu terjadi saat melakukan aktivitas penambangan di PT. KKU.

Sekertaris Jenderal LPMT-SULTRA, Jubarudin mengecam keras atas dugaan kecelakaan kerja yang mengakibatkan Driver Dump Truk PT. KKU meregang nyawa pada siang tadi.

Pihak kami menduga terjadinya kecelakaan kerja karena tidak mematuhi kaidah-kaidah dalam penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam aktivitas penambangan yang dilakukan pada PT. KKU.

Pihak perusahaan dalam hal ini PT. KKU harus bertanggung jawab atas insiden yang terjadi, pihak kami akan sesegera mungkin mengadukan kejadian tersebut pada pihak Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tenggara agar mengambil langkah-langkah sebagaimana mestinya.

Saat dihubungi awak media melalui saluran telepon KTT PT. KKU “hal ini sudah kami laporkan tadi ke dinas ESDM Provinsi dan dinas ESDM pusat. Dan rencananya mereka akan bertolak besok dari jakarta ke Konawe Utara untuk melakukan investigasi”.

“Saya sudah menyuruh ke tim dilapangan untuk tidak mengganggu TKP sebelum dilakukan investigasi oleh tim inspektur tambang yang ditugaskan oleh Kepala Inspektur Tambang
Informasi awal/sementara yang saya terima dari Penanggung Jawab Operasional (PJO) dari kontraktor kami tadi siang adalah Almarhum sedang melakukan pekerjaan hauling ore dari stokpile menuju jetty yang bermuatan ore, menabrak tanggul pengaman (safety berm) jalan hauling”.

Untuk informasi selanjutnya masih menunggu hasil investigasi dari tim inspektur krn TKP sudah dipasang police line pak. Tutup Wawan KTT PT. KKU

Kejadian tersebut telah jelas bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana telah di atur pada undang-undang No. 1 Tahun 1970, oleh karena itu LPMT-SULTRA menantang kepada pihak yang berwajib untuk kemudian mengambil langkah-langkah yang tepat dan perlu agar tidak terjadi kecelakaan kerja lagi”Tutup Jubarudin

Redaksi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *