banner 728x250

LSM LPMT SULTRA Resmi Melaporkan Kepala Desa Tadoloiyo Ke Polda Sultra Dan Kejati Sultra Terkait Dugaan Tipikor Dana Desa

banner 120x600
banner 468x60

Sultra-Suaramoramo.com_ Jum’at 18/8/2023., LSM Lingkar Pemuda Masyarakat Tolaki Sulawesi Tenggara (LPMT Sultra) adukan kepala desa Tadoloiyo kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara (Konut) di Polda Sultra dan Kejati Sultra, Atas dugaan tindak pidana korupsi terkait pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2019 – 2022.

banner 325x300

Usai melaporkan dugaan tersebut ke Polda Sultra dan Kejati Sultra, kepada awak media Jubaruddin selaku sekertaris umum LPMT Sultra mengatakan bahwa pihaknya akan mengawal laporan tersebut hingga tuntas.

Berdasarkan data yang kami peroleh kami menemukan ada sebuah kejanggalan terkait pengelolaan Dana Desa (DD) Tadoloiyo dimana dalam pengalokasian dana desa tersebut dari sejak tahun 2019 – 2022 kami menduga ada beberapa aitem pengadaan yang fiktif.

Salah satunya pengadaan alat produksi dan pengolahan pertanian, Bantuan Perumahan tidak layak huni, Oprasional Paud/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non pormal milik desa, beberapa aitem tersebut jika melihat pisiknya di desa Tadoloiyo itu semua tidak ada, tetapi anehnya di data yang kami temukan terkait Laporan Pertanggung Jawaban  (LPJ) desa Tadoloiyo itu ada dan Anggaran yang di gelontorkan cukup pantastis. Ungkap Jubaruddin yang juga merupakan warga desa Tadoloiyo

Lebih lanjutya, dari sejak tahun 2019-2022 dari pagu anggaran berdasarkan data yang kami peroleh setelah kami lebih detail melihat setiap pagu anggaran tersebut itu ada ketidak sesuaian dari aitem pengadaan yang ada, bisa di bilang kami menduga ada sebuah penyelewengan terkait dana desa yang dilakukan oleh kepala desa.

Untuk itu berdasarkan data yang kami peroleh kami melaporkan hal tersebut ke pihak Polda Sultra dan Kejati Sultra agar dilakukan penelusuran dan pemeriksaan terkait apa yang menjadi dugaan kuat kami, tutupnya

Berdasarkan surat tanda penerimaan laporan nomor : STPL/408/Vlll/2023/Ditreskrimsus telah menerima laporan Jubaruddin pada 14 Agustus 2023 yang bertugas selaku piket siaga Ditreskrimsus Polda Sultra Misnur Ariyadi, S.Si Brigadir NRP.90050366.

Telah melaporkan dugaan tindak pidana informasi korupsi sebagaimana dimaksud dalam undang-undang RI nomor 30 tahun 2002 komisi pemberantasan korupsi berupa penyalahgunaan dana desa yang diduga terjadi di desa Tadoloiyo kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara.

Sampai berita ini terbit dari awak media ini,sudah berusaha menghubungi Kepala Desa Tadoloiyo untuk memberikan tanggapanya namun belum bisa terhubung.

@Red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *